PENDERITAAN MAHASISWA BUAT WISUDA

Siapa bilang selesai sidang akhir dan lo dinyatakan lulus merupakan suatu kebahagiaan? SALAH BESARRR. Justru itu baru awal dari penderitaan sebenarnya. Kenapa gue bisa bilang begitu? Soalnya, itu yang gue rasain dan gue alamin.

YAK. 6 September 2017, bulan ini, di tahun ini, gue sidang akhir. Alhamdulillah gue lulus, begitu pula teman-teman seperjuangan, kita semua lulus. Setelah lo lulus sidang akhir, jangan berharap lo bisa tidur nyenyak. SALAH BESARRR... Ini gue kasih tau penderitaan apa aja yang gue lalui di minggu-minggu setelah sidang akhir :

  1. Sehabis sidang, terbitlah revisi. Belum lagi kalau dosen penguji pas lo sidang akhir, berubah, ganti dosen penguji, bukan dosen penguji pas lo sidang proposal. KELAR SUDAH. Masih mending kalau itu dosen penguji sepaham sama hasil dan pembahasan yang lo buat, nah kalau yang kontra? Gue korbannya. Temen gue juga menjadi korban. Alhasil, kita bener-bener mati-matian buat revisi sesuai sama kemauan dosen penguji baru itu dengan waktu yang sangat singkat tapi harus kita kerjakan T.T 
  2. Bersyukurlah kalau lo nanti dapat dosen pembimbing dan dosen penguji yang stay di kampus dan gak ribet buat janjian di luar kampus. Kebetulan gue dapet dosen penguji yang gak stay di kampus, dan untuk REVISI doang, gue dan teman-teman sebimbingan harus nyamperin dia ke RANGKAS BITUNG. Mau gak mau, yaudahlah, kita samperin aja. Bisa dihitung lama waktu yang ditempuh itu 8 jam untuk berangkat dan pulang, berasa mudik kan? LUAR BIASA :') dan kami hanya bimbingan loh, bukan minta tanda tangan :') salut untuk kalian semua teman sebimbingan-q :')
  3. Perjuangan untuk dapetin tanda tangan di lembar pengesahan itu luar biasa loh... Kalau kalian gak kompak sama teman sebimbingan duh bisa ribut :')
Oke, selebihnya penderitaan yang nyata itu lebih ke uang. Gila, pengeluaran lo bakal gila-gilaan. Sebelum sidang akhir, lo udah habisin uang untuk revisi terus-terusan, nah setelah sidang akhir, justru pengeluaran lo bakal lebih besar dari sebelum sidang akhir. SUMPAH GUE GAK BOHONG.

Gue jadi kesel sendiri, kenapa justru kampus kayaknya mempersulit mahasiswanya yang jelas-jelas udah mau keluar dari kampus itu? :'D Apa emang udah jalannya begini dimana-mana? :'D Apa karena kampus masih belum ikhlas buat ngelepas mahasiswanya untuk keluar dari dalam kampus makanya dipersulit seperti ini? :'D

Yasudahlah gue jalanin aja :') sampai tiba saat dimana gue dan teman-teman gue bisa wisuda bareng, gue bakal terus semangat :'D bismillah!!! FIGHTING!!!

Comments

Popular Posts