INTERVIEW RASA KERJA (8 SETENGAH JAM)

Udah lama banget gue gak nulis disini yah. Waktu gue kemarin itu banyak kesita gara-gara tugas akhir. Alhamdulillah gue udah lulus dari 6 September 2017 dan diwisuda tanggal 5 Oktober 2017. Sekarang udah tanggal 4 November 2017 dan artinya besok tepat 1 bulan berlalu setelah gue diwisuda.

Disini, gue mau cerita sedikit tentang pengalaman gue setelah lulus kuliah yah :D sampai sekarang ijazah gue masih belum turun dari kampus, kayaknya udah tradisi kampus emas deh kayak gini. Ijazah turunnya juga ngaret, udah lulus pun masih diginiin yah :’D

Gue tetap optimis nyebar surat lamaran kerja tanpa ijazah, dan hanya bermodal SKL (Surat Keterangan Lulus) yang dikasih fakultas dan berlaku selama 3 bulan dari mulai gue lulus, minggu pertama nyebar lamaran kerja sih gue masih pakai transkrip nilai sementara, dan minggu kedua baru bisa nyebar pakai transkrip nilai asli.

Gue nyebar lamaran kerja banyak banget, ada berapa yah kira-kira. Gue juga udah lupa.

Pengalaman panggilan interview kerja pertama itu gue dihubungin sama HRD lewat telepon, dan posisinya gue lagi ngantri mau ngurus formulir pengambilan ijazah. Karena ini kali pertamanya gue dapat panggilan interview kerja, gue girangnya bukan main, gak bisa tidur, dan browsing di youtube cara ngejawab interview kerja yang baik itu gimana. Apalagi interview kerja gue pertama ini ternyata di perusahaan asing dan gue gak tau sama sekali, gue asal applied aja lamaran gue secara online -_- dan ternyata gue dipanggil untuk interview. 

Kita sebut saja PT. JAJAJAJA nah, pas hari H interview kerja, ternyata ada satu orang lainnya yang mau diinterview dan ternyata itu teman kuliah gue, seangkatan sama gue. Interviewnya berat soalnya ada bagian conversation full english sama HRD nya, dan gue pun jawab sebisa gue. Gue gak berharap terlalu besar untuk diterima, yang jelas gue senang soalnya udah ngerasain yang namanya interview kerja itu seperti apa dan point plus nya adalah interview pertama gue itu dengan perusahaan asing yang menggunakan bahasa inggris jadi next kalau interview kerja pakai bahasa indonesia, gue bisa lebih santai dan gak setegang saat interview dengan bahasa inggris :'D

Setelah seminggu gak dikabarin sama PT. JAJAJAJA gue gak patah semangat, gue sebar lagi lamaran kerja kemana-mana.

Selanjutnya, panggilan interview kedua gue di salah satu RSIA yang ada di Jakarta. Kita sebut saja RSIA ANGGUR ANGGUR nah, gue dihubungin sama ibu-ibu lewat whatsapp soalnya pas dia telepon ke nomor gue, itu posisinya gue di dalam lift dan telepon dari dia gak bisa gue angkat -_-

Panggilan kedua interview kerja gue yang ini kayaknya gak akan pernah gue lupain deh hehehe. Pelajaran yang gue ambil dari interview kerja kedua ini adalah, gak semua HRD itu friendly dan menyenangkan. Gue kaget juga yah, setelah sebelumnya interview dengan HRD dari perusahaan asing yang ternyata HRD nya sangat sangat baik dan gak merendahkan seorang fresh graduate. Justru di RSIA ANGGUR ANGGUR ini HRD nya bertolak belakang banget sama HRD yang dari perusahaan asing. Gue shock sih sama cara dia bicara ke gue dan kata-kata yang dia ucapin yang menurut gue gak pantes aja untuk diucapin seorang HRD ke fresh graduate yang berniat melamar kerja di tempatnya. Tapi gue gak patah semangat kok setelah diperlakukan gak enak sama HRD dari RSIA ANGGUR ANGGUR itu :D

Kemudian, panggilan ketiga interview gue datang dari salah satu RS yang ada di daerah Menteng. Kita sebut saja RS ABABAB nah, HRD nya udah menawarkan untuk interview kerja tapi dia bilang syaratnya harus mau melepas hijab selama bekerja, kalau siap maka interview bisa dilanjutkan. Hem, mungkin emang belum waktunya gue dapat kerja. Jadi gue tolak lah panggilan interview kerja dari RS ABABAB itu.

Akhirnya gue memutuskan untuk break sejenak soalnya mulai jenuh sama panggilan interview yang gak berhasil-berhasil. Setelah break, gue lanjutin lagi untuk nyebar lamaran. Malam sebelum gue mau nyebar lamaran, gue dikirimin info loker sama salah satu senior di kampus yang gue kenal pas PKL, ada loker di salah satu klinik MCU di Jakarta dan ternyata lamarannya bisa dikirim lewat email. Akhirnya saat itu juga gue ngirim lamaran lewat email, jam 11 malam. 15 menit kemudian ada pesan masuk di email gue, dan ternyata itu balasan dari klinik MCU. Gue diminta hadir untuk interview kerja besok pagi jam 9. LUAR BIASA… RESPONNYA CEPAT KILAT. GUE PANIK SEPANIKNYA…..

DAN TAU GAK SIH BESOKNYA GUE BANGUN KESIANGAN. GUE BANGUN JAM SETENGAH 9 PAGI….. wawancara jam 9 pagi dan lokasinya itu di Jatinegara, dan rumah gue di Slipi… bisa dibayangkan????? Akhirnya dengan modal nekad dan tebal muka, gue whatsapp HRD nya supaya interview kerja gue diundur jadi jam 10 dan HRD nya mengiyakan. Alhamdulillah :’D

Dari interview kerja yang udah pernah gue rasain, interview di klinik MCU ini yang paling paling paling lama. Gokiel sih gue mulai interview kerja jam 10 pagi dan baru benar-benar selesai jam setengah 5 sore. Dalam 1 hari tahapan interview gue 5 kali. Bisa dibayangkan?????

Pertama, interview sama HRD.
Kedua, interview sama Top HRD.
Ketiga, interview sama Dokter yang kayaknya berperan penting deh di kerjaan gue.
Keempat, test input data di sistem yang sistemnya allahuakbar… sangat amat asing buat gue :’) tapi gue ngerjainnya semaksimal mungkin kok :’)
Kelima, TERAKHIR… AKHIRNYA… interview sama Direktur disana :’D

Dan yang bikin gue sekut adalah gue masih belum dikasih kepastian,  diterima atau gak diterima, cuma dibilang kemungkinan gue bisa diterima atau dipanggil sebagai tenaga freelance.

Yasudahlah lagi lagi gue gak mau naruh harapan besar disini, anggap aja sebagai pengalaman dalam mencari kerja, gue pulang dengan rasa capek dan lapar. Udah gitu jalan pulangnya macet luar biasa. Mantap.

Besoknya, gue udah gak punya tenaga lagi buat nyebar lamaran kerja, jadi gue undur lusa aja mulai nyebar lagi.

Tiba-tiba jam 3 sore ada telepon masuk.

Yak, gue diterima bekerja di klinik MCU itu. Senin udah mulai kerja.

TERIMAKASIH YA ALLAH ALHAMDULILLAH ALLAHUAKBAR AKHIRNYA EKA DAPAT KERJA JUGA!!!!!!!!!

Pesan gue untuk semua yang lagi mencari pekerjaan kayak gue ini, jangan pernah patah semangat walau berkali-kali gagal saat interview kerja. Jangan pernah merasa iri kalau ada teman yang udah dapat kerja sedangkan kita belum dapat, soalnya setiap rizki orang itu beda-beda. Asal mau terus usaha dan gak putus asa, pasti akan ada jawaban dari Allah untuk kita.

Semangat untuk semua para pencari kerja khususnya mahasiswa yang baru lulus seperti gue! :D

Comments

Popular Posts