Dear Dosenku yang kucinta...

Hari ini semua berjalan baik-baik aja, kayak biasanya. Sampai ketika, gue masuk ke kelas jam 1 siang tadi. Dosen ngasih kabar, nilai UTS kurang memuaskan dan dia bakalan nyebutin nama anak-anak yang remedial.

Jantung gue gak bisa selow, deg-degan bukan main.

Flashback lagi ke masa dimana masih UTS, gue ngejawab soal-soal itu dengan yakin dan optimis gak bakalan remedial, soalnya gue udah belajar semaksimal mungkin. Yah walau... ada tengok sana-sini tapi seenggaknya jawaban gue udah ngeyakinin.

"Eka Mariyana Malik."

Yak, nama gue disebutin sama itu dosen. Sedih.
Kesedihan gue makin menjadi-jadi, dimana diantara gue dan temen-temen se-per-contek-an pas UTS, cuma nama gue yang disebutin. Mereka semua lulus, dan gue remedial. 

Perasaan gue ancur. Emang sih lebay, tapi ini yang gue rasain. Gue pengen nangis, marah, teriak, dan sebagainya. 

"IBU GAK ADIL KENAPA SAYA BISA REMEDIAL BU SEDANGKAN JAWABAN SAYA PUN GAK JAUH BEDA SAMA TEMEN-TEMEN SAYA. BAYANGIN AJA BU, DI ANTARA TEMEN-TEMEN SAYA, CUMA SAYA YANG REMEDIAL BU. PADAHAL TEMEN SAYA ADA YANG NYAMAIN JAWABAN SAMA JAWABAN SAYA, TAPI KENAPA MEREKA LULUS DAN SAYA ENGGAK?! IBU BILANG JAWABAN SAYA KURANG TEPAT KARENA PENULISANNYA SALAH? ASTAGA BU, TEMEN SAYA JUGA KAYAK SAYA BU. MALAH ADA YANG GAK DIJAWAB 1 SOAL, TAPI MEREKA LULUS DAN SAYA REMEDIAL! IBU YAKIN UDAH BENER-BENER MERIKSA JAWABAN SAYA DAN JAWABAN TEMEN-TEMEN SAYA? KENAPA SIH IBU GAK BISA ADIL? KENAPA DI DEPAN SAYA TADI SEOLAH MEMANG SAYA YANG SALAH DAN IBU YANG BENAR? APA EMANG SEMUA DOSEN KAYAK GINI BU? SAYA MINTA KASIH TAU KERTAS JAWABAN SAYA, BAGIAN MANA YANG SALAH DAN IBU JUSTRU NGELARANG SAYA. SAYA PROTES KARENA SAYA MERASA INI GAK ADIL, APA SAYA SALAH BU?"

Yah gitu deh, itu yang sebenernya pengen gue teriakin di depan tuh dosen. Tapi apa atuh, gue mah cuma mahasiswa doang yang gak pernah bisa lebih bener selangkah aja di depan dosen.

Nyokap bilang, ikhlas dan tegar aja. Emang sih rasanya berat, BERAT BANGET MALAH WOY BUSET DAH! Tapi, toh misal gue nangis dan terus gue pikirin gak akan ngerubah nilai gue. Yaudahlah, ambil hikmahnya aja. Mungkin gue kurang maksimal belajarnya. Jadi sekarang gue disuruh belajar lagi sama tuh dosen.

Nilai bukan penentu kesuksesan di masa depan kan yah?
Nilai cuma sekedar angka kan?

Harus bisa Ikhlas, Ka.











Comments

Popular Posts