RAFA SI BOCAH BAR-BAR

Jadi gini, sekitar 2 hari yang lalu di rumah gue ada ruwahan buat alm. nenek gue (istilah ruwahan itu sama kayak, sedekahan gitu pokoknya. Dimana ada ustad yang baca-baca doa, dan banyak pula bapak-bapak. 

Pas selesai acara pokoknya, masing-masing kebagian plastik, biasanya plastik yang suka dibagiin di akhir acara itu warna-warni ada yang merah, hitam, putih, sesuai selera masing-masing yang isinya makanan box, kue-kuean, dan buah-buahan. Plus satu gelas aqua, sedotan, dan tisu.) pokoknya gitu deh. Lo juga pada ngerti kan maksud gue kayak gimana -_-

Ada untungnya dari ngadain ruwahan di rumah sendiri, yaitu selalu ada sisa kue dari makanan yang disediain buat ruwahan. Tapi masalahnya adalah, gue tinggal di rumah berempat bersama ayah, ibu, dan adik gue yang super gendut. Setiap ada sisa dari makanan-makanan kayak misalnya, risol, pastel, bolu ketan, kue pisang, kue cincin, dan kue-kue lainnya, adik gue ini gesit banget. 

1. Entah dia emang dasarnya laper, kelaperan, kelaperan banget. 
2. Entah dia ternyata punya telepati yang kuat antara makanan-makanan itu. 
3. Entah dia doyan, doyan banget, doyan banget-banget. 
4. Entahlah yah, atau dia punya feeling buruk karena ada gue di rumah jadi dia punya saingan buat nguasain makanan-makanan sisa di rumah. 

Gue gak ngerti sama jalan pikiran adik gue ini :'D yang jelas, gue cuma kebagian satu potong bolu ketan yang emang rasanya tuh enak banget (sumpah gue gak bohong, warnanya tuh hitam gitu, pas digigit juga gak kayak bolu-bolu biasa. Ada gereget gimana gitu, lebih padat. Pokoknye bolu ketan tuh enak banget.). 

Berhubung gue tuh orangnya males, abis makan satu potong bolu ketan itu gue langsung kembali ke kamar. Abisnya, seharian tuh rumah gue banyak banget sodara yang mondar-mandir. Dengan alibi beres-beresin berkas ulangan kelas 11 di kamar, gue jadi gak kedapetan tugas buat bantu-bantu :'3

Sekitar pukul 6 sore bokap gue keluar kamar, kemudian berdiri di depan kaca yang ada di depan kamar gue. Dia nyisir. Sambil ngaca.

Dari ruang tamu nyokap gue heboh sendiri. Dengan baju warna coklatnya yang super ribet (menurut gue sih gitu) dia beres-beresin bungkusan makanan sambil ngedumel.

"Bilangnya ke rumah embah. Pantesan lama banget. KOK BELI BAJU SENDIRIAN AJA SIH? Awas aja sih, nanti kalau mau belanja ini-itu gak usah minta temenin lagi. Biar sendiri aja belanjanya!

Gue heran, nyokap gue kayaknya sensi banget bokap gue beli baju sendirian -_-

"Abis tadi mau diajak lagi sibuk ngurusin makanan, takut ganggu." (Bokap)

"Belanja satu baju aja lama banget. Kan kita juga mau punya baju baru." (Nyokap)

"Apalagi kalau tadi diajak, bisa berjam-jam lebih. Makanya sengaja gak diajak." (Bokap)

"Alesannya bisa banget, gak inget apa kalau kemana-mana maunya ditemenin? Ayah mah gitu, tau ah nyebelin banget sih belanja sendirian." (Nyokap)

"Kayak sendirinya gak pernah beli baju sendiri aja." (Bokap)

"Beli dimana sih emang?" (Nyokap)

"Di pasar slipi, Nah." (Bokap)

"Ih, dimananya emang?" (Nyokap)

"Di Sichi." (Bokap)

"Lah, itu mah di Slipi Jaya. Tuh kan malah ke Slipi Jaya, sendirian pula." (Nyokap)

Intinya, nyokap gue selalu aja ngegas. Bokap gue ngejawab santai, tenang, gak ada sedikit pun rasa panik karena udah ninggalin nyokap gue di rumah buat belanja baju kokoh ke Slipi Jaya. Yang gue salutin dari orangtua gue adalah, mereka emang kemana-mana selalu berdua. Bokap gue gak pernah mau pergi sendirian, dia selalu ngambek misalnya nyokap gue gak mau nemenin dia. Jadi yaaah, wajar aja sih nyokap gue segitu ngambeknya pas bokap gue beli baju tanpa dia.

Di penghujung acara, gue dikejutkan oleh ulah sepupu kecil gue. Namanya Rafa. Umurnya sekitar 3-4 tahun.

1. Dia laki-laki.
2. Dia hyperactive. (Bener gak sih tulisannya? Bodo amat, intinya gitu.)
3. Dia caper abis.
4. Dia banyak nanya.
5. Gue gak suka sama dia.
6. Biasanya gue suka sama anak kecil, tapi gue gak suka kalo anak kecilnya dia.

Posisi gue lagi di atas kasur, di dalam kamar. Posisi orangtua dan sodara-sodara gue yang sudah ibu-ibu dan bapak-bapak ada di depan rumah. Dan posisi Rafa ada di ruang tamu.
Karena merasa cukup aman untuk melakukan kejahatan, maka beraksilah dia.

"EKAAA, INI AQUARIUMNYA KENAPA KA?" tiba-tiba kakak ipar nyokap gue teriak. Dan ini hubungannya dengan aquarium gue. Ikan-ikan gue. Gue langsung ngibrit ke ruang tamu.

TERKUTUKLAH ENGKAU WAHAI BOCAH BAR-BAR

Warna air di aquarium gue berubah dari bening menjadi kuning kecoklatan. Seperti. You know lah yah. Di bawahnya jadi kayak ada gundukan pasir-pasir tapi jember banget. Di tutup aquariumnya kotor banyak sekali makanan burung.

YAK! MAKANAN BURUNG! IYA MAKANAN BURUNG! 2 BOTOL MAKANAN BURUNG DI MASUKIN KE AQUARIUM GUE. ITU BOCAH NIATNYA BAIK, BUAT NGASIH MAKANAN KE MASKOKI-MASKOKI GUE ATAU MAU BUAT MASKOKI-MASKOKI GUE PINGSAN DI TEMPAT? UNTUNG MASKOKI GUE RAKUS JADI MEREKA GAK KERACUNAN SAMA SEKALI, JUSTRU MEREKA MAKAN DENGAN LAHAP MAKANAN-MAKANAN BURUNG ITU :'D

Syukurlah mereka gak kenapa-kenapa. Sampai saat ini mereka masih bisa berenang-renang dengan ria. Sejak saat itu, semakin menjadi-jadilah ketidaksukaan gue kepada Rafa.

TAMAT 

Comments

Popular Posts