Cerita tentang bokap dan potongan rambut barunya

ibu: dek, rambutnya udah kayak sarang tawon gitu deh, urak-urakan kayak gembel.
idham: apaan sih, lebay!
ibu: ih dibilangin gak percaya.

sambil ngelipetin cucian yang baru aja dia angkatin dari jemuran, dia teriak ke bokap gue.


ibu: ayah, dedek bawa dong ke tukang cukur biar rapih.

oh iya, sekali lagi gue perkenalin, nama adek gue "idham maulana malik" jadi, yang di atas itu percakapan antara nyokap gue dengan anak keduanya.

(lanjutan percakapan yang tadi)

idham: udah malem juga, besok aja kek.
ayah: buruan dek, ganti baju. mumpung belom kemaleman.

gue tau banget, adek gue nyeselnya bukan main diajak potong rambut malam itu juga. yah.... mau gimana lagi? sekesel-keselnya dia juga gak bakalan ngerubah pikiran bokap gue buat ngebatalin pergi ke tukang cukur malam itu. dan pada akhirnya, mereka pun berangkat ke tukang cukur kurang lebih jam sembilan malam.

20 menit kemudian.....

posisi gue lagi di dalam kamar. pas balik, adek gue langsung ke kamar mandi. (seperti biasa, dia melakukan hal yang tak ladzim, membuka pakaiannya justru di depan pintu kamar mandi, bukan di dalam kamar mandi.) gue juga kurang ngerti sama persepsi dia mengenai telanjang di depan kamar mandi, mungkin ada suatu kegembiraan tersendiri yang mungkin cuma adek gue yang merasakannya.
semoga ini tidak terjadi kepada adek-adek kalian yang masih sd, cukup gue aja :'D

10 menit kemudian.....

kemarin malam, gue baru inget ada tugas matematika dari guru gue yang harus dikumpulin besok di kertas lembar. dan gue belum ngerjain sama sekali. langsung aja gue keluar kamar buat ngerjain pr (soalnya meja belajar gue letaknya di depan kamar, bukan di dalem kamar) setelah mulai ngerjain kurang lebih 5 menit, gue mulai gak fokus.....
tiba-tiba nyokap gue ketawa sambil nutupin mukanya.
posisi bokap sama nyokap gue waktu itu lagi sebelahan, sambil nonton tv.

ibu: yah... perasaan ada yang aneh deh.....

dengan gaya cueknya, bokap gue gak ngejawab nyokap gue.

ibu: ayah kepalanya jadi kotak gini deh?

bokap gue yang tadinya cuek, tiba-tiba mulai terlihat sedikit resah (baru sedikit).

ibu: ih bener ih, kepalanya jadi aneh gini sih yah?!?!?! ih seriusan deh jelek, gak bohong deh!!! potong dimana sih? dari tadi pantes ada yang aneh, kepalanya jadi begitu amat sih, yah!!!!!

tanpa banyak bicara, bokap gue yang tadinya fokus dengan tv langsung berdiri. dia jalan ke arah dapur, dan tiba-tiba berhenti di depan kaca.
posisi gue saat itu ada di sebelah bokap gue. senyum-senyum sambil megangin kepalanya dengan rambutnya yang baru, dia mulai bercerita. bisa dibilang dia curhat tiba-tiba.

ayah: jadi tadi bapak-bapak tuanya gak ada. adanya anak muda, sama yang satu lagi. yang matanya suka ngedip-ngedip, rabun. dedek kedapetan yang anak muda.....

abis ngomong begitu, bokap gue jalan buat nyari sisir. dia mulai nyisir-nyisirin rambutnya.
jadi, potongan rambut bokap gue itu bentuknya emang gak jelas, dibilang botak enggak juga sih, cuma gimana yah... nyokap bilang sih itu kepala bokap gue bentuknya kotak. terus botak di atasnya.
gue juga kurang ngerti maksud dia apa yah :'D

semenjak kejadian semalem, nyokap jadi ngeledekin bokap mulu. gue juga bawaannya mau ketawa setiap ngeliat bokap dengan rambut baru dan bentuk kepalanya yang baru.
yang sabar yah ayah, nanti juga rambutnya numbuh lagi. tunggu aja, nanti juga ibu kena batunya.....
nyokap gue ngajakin gue potong rambut, tapi gue nolak.
mungkin nyokap gue mulai terhasut sama omongan gue waktu itu sekitar tahun 2012, abis dia potong rambut.

gue: potongan apaan sih tuh, bu? ibu mirip megawati deh.
ibu: ih, apaan sih! ini namanya trend 2012. eka mah kuno.....

besokannya pas pulang kerja kejadiannya sehari setelah potong rambut, dia curhat tiba-tiba ke gue di depan kaca.

ibu: kak, manjangin rambut gimana sih?

-_________-

kayaknya temen-temen dia abis ngasih komentar yang gak jauh beda dari gue

oh iya, tadi pagi adek gue nyamperin bokap sambil ngomong kayak gini.

idham: lagian sih udah dedek bilang potong rambutnya jangan malem, ayah kena imbasnya kan. genit banget sih, semangat banget ke tukang cukur.

yang tadinya lagi ngelatih burungnya, dia langsung masuk ke dalem rumah. duduk sebentar di kursi, mandangin ikan maskoki, jalan ke depan kaca, dan ngambil kunci motor tanpa perduliin omongan dari adek gue yang tadi. dengan ciri khasnya yang cuek, bokap gue bilang.

ayah: ayo buruan berangkat, nanti telat.

bokap gue tegar banget padahal gue tau, dia galau banget sama potongan rambutnya yang sekarang. sabar ayah mau gimanapun juga tetep ganteng kok buat ibu :*({})<3

Comments

Popular Posts